CRM (Customer Relationship Management)

Tugas Tentang CRM

CRM (Customer Relationship Management)


Definisi CRM

CRM merupakan suatu metode agar customer dapat terus membeli barang atau jasa kita dengan mempererat hubungan kita (perusahaan) dengan customer. Jika Hubungan dengan customer terjalin dengan baik, maka otomatis pendapatan perusahaan akan meningkat. Menurut para ahli,
- Amin Widjaja (2008:37),menyatakan bahwa : "relationship adalah suatu hubungan terdiri atas serangkaian episode terjadi antara dua belah pihak dalam rentang waktu tertentu".
- Lukas (2001:3), adalah "suatu aktivitas yang melibatkan seluruh sumber daya manusia untuk mempertahankan pelanggan yang ada; suatu strategi mengelolah dan menjaga hubungan dengan pelanggan; suatu usaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan".

Misal sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa teknologi informasi jika ingin target pasar yang luas terpenuhi membutuhkan relation serta informasi yang detail. Dari sekian banyak pelanggan yang dimiliki, perusahaan harus bisa melayani seluruh pelanggan dengan baik, sehingga pelanggan merasa puas. Sebuah perusahaan tidak hanya harus mengembangkan produk yang dimiliki, tetapi juga harus memikirkan personal konsumen. Perusahaan harus bisa mengidentifikasi kelemahan dan ancaman yang ada pada sistem yang sedang berjalan. Hal ini bisa berguna untuk pengembangan sistem CRM yang ada. Selain itu perusahaan harus bisa mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan.


Referensi:
ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. JC INDONESIA YOGYAKARTA,jurnal,Irfan Santiko, S.Kom, M.Kom

@copyrighht_Ekky Yudha_30813340

0 komentar:

Posting Komentar